Bean Magazine #2

29/05/14

Yeppp yeppp new issue of Bean! Have a look. Its full of pics from my last stay at Aston Hotel after prom with my good friendssss.

I think I prefer to share a lot of photos and post them here through this Bean booklet, since its easier and need less space.

Click to enlarge.

Phase

27/05/14


Good news everyone, good news! I was accepted at the University of Padjajaran, Bandung, which is my dream university. I was super happy when I knew that. After all of the shitty homeworks, exams, tough teachers, late night studies, very competitive friends, and everything I've been through in high school, it finally payed off. I know that university life is worse and more tiring, yet I just wanna enjoy this phase of my life.

Ps: I have a bunch of pics from my school's prom last sunday, try to figure out how to post it hereeee.

Micro Memories

19/05/14

Its just , you know, some stuff. 

This is frozen yogurts that my friends and I oftenly buy when we went to a mall that near school.

My school's library! The librarians were a lil bit grumpy, but I know that just means they care hihihi

This was taken at the swimming pool where the teacher took our swimming's score

This was taken on a footpath in front of the school. Deffff gonna miss this footpath!

This was a tailor shop in the traditional market near school!

Bulan Horo

do not pick someone else's pocket

15/05/14

*this post is written using Bahasa*

via
Salam sejahtera sodara-sodara! Post gw kali ini akan gw anggap sebagai post paling bermanfaat bagi kalian semuaaa terutama bagi rakyat-rakyat kota bogor dan mungkin kota-kota lain yang mengalami hal yang sama.

Jadi.....minggu lalu gw seangkot sama pencopet. Kenapa gw tau itu pencopet karena gw udah sering banget seangkot sama si doi, gw udah hafal banget sama muka dia. Entah kenapa dan bagaimana gw selalu seangkot sama. Entah dia yg pengen deket2 gw atau gw yg mau modus sama dia. Waduhhh.

Selama ini gw biasa aja seangkot sama dia karena selama ini gw ga pernah liat langsung dia berhasil nyopet orang, soalnya kalo emang ga berhasil ya paling karena gw yg keburu turun karena udah sampai di tempat tujuan. Sampai kejadian minggu lalu ini lah yg menampar gw hingga mau nulis post ini. Gw melihat dengan mata kepala gw sendiri dia berhasil nyopet seorang mba2. Mba2 ini rupanya babysitter seorang anak sd yg diangkot juga, sebut saja mereka mba dora (karena berambut pendek) dan ade sosro (karena lagi minum teh sosro waktu di angkot). Sebenarny pencopetnya ada dua orang, jadi si pencopet yg sering gw liat punya temen baru rupanyaaa.

Gw tauuuu banget bahwa penumpang lain yg di angkot pada tau kalo mba dora lagi dicopet tapi kita semua diem, termasuk gw. Jahat memang, tapi kita semua takut. Selanjutnya ternyata mba dora dan ade sosro turun di tempat yang sama dengan gw. Gw turun dari angkot, beberapa detik kemudian mereka pun turun. Gw yg udh gemetaran setengah mampus abis ngeliat pencopet beraksi dan takut kena copet jugaaa memberanikan diri nyamperin mba dora dan ade sosro trus bilang "teh, coba cek hp nya deh. Soalnya tadi di angkot ada copettt...." Dan terjadi selanjutnya adalahhh si ade sosro ini langsung nangis kejer di hadapan gw. Wahhh ternyata hp yg dicopet adalah milik anak sd ini, jadi hp nya dimasukin ke dalam tas sekolahnya trus tas nya dipegang sama mbanya. Dari yg gw liat hp nya ade sosro ini blackberry Z10 warna putih dan terlihat masih baru (baru dibeliin sama papa mamanya ade sosro ini deh gara2 nilainya bagus mungkinnn?)

Gw sedih banget ngeliat si ade sosro ini nangis kaya begitu, gw ngerasa bersalah kenapa gw ga ingetin mereka, nyesel kenapa gw ga geser mepetin si mbanya buat ngelindungin dia supaya dia ga langsung sebelahan sama pencopetnya karena seenggaknya gw tau yg nana pencopetnya dan bisa waspada sama barang2 gw sendiri sedangkan si mba ini ga ngerti apa2 makanya mudah bgt dicopet.
Fyi, tangisan si ade sosro ini sampai kebawa mimpi gitu sama gw saking ngerasa bersalahnya gw. Sekarang atas perasaan bersalah gw, gw akan membagikan tips2 dan info2 mengenai copet mencopet ini, agar kalian bisa lebih waspada dan terhindat dari musibah yang satu ini. Perhatikan baik-baik ya!!

Ohiya sebelumnya perlu gw ingatkan bahwa angkot di bogor duduknya menghadap samping yaa, kalau-kalau aja diantara para readers ada yang ngerasa aneh sama penggambaran gw hehehe



CARA MENGETAHUI SEORANG PENCOPET

1. Membawa tas punggung hitam yg cukup besar tapi ga ada isinya.
Kalian tau kan tas kalo ga ada isinya tuh kaya gimana? Ya terlihat enteng dan kopong gitu. Pencopet membawa tas ini untuk menutupi tangannya ketika sedang beraksi supaya tidak kelihatan.

2. Letak tangan.
Yang membedakan pencopet dengan pria biasa yang kebetulan membawa backpack hitam adalah letak tangannya. Kalau pencopet membawa backpack hitam untuk menutupi tangannya yang otomatis berarti salah satu atau kedua tangannya terletak dibawah tas nya atau ditutupi oleh kedua tas nya, nah kalau pria biasa yang ga ada niatan untuk nyopet tangannya pasti diatas tas nya dan tidak tersembunyi dibawah tas.

3. Lirikan mata.
Pernah mikir ga sih lu gimana caranya pencopet bisa ngambil sesuatu yg jelas2 ada di dalam tas lu  tanpa lu sadari? Jawabannya ada 2, sentuhan dan lirikan. Dengan sentuhan pencopet bisa tau yg mana hp yg mana kotak rokok, yg mana dompet yg mana kotak pensil. Dia bisa tau tekstur dan bentuk suatu barang barang dengan sentuhan. Dan dengan melirik pencopet bisa tau udah sejauh apa barangnya dia ambil tanpa membuatnya  ketauan. Oleh karena itu pencopet pasti bakal ngelirak lirik kebwh ke arah tas si korban. Lu harus perhatiin dengan seksama karena pncpt itu bisa aja kepala ngarah ke depan tapi matanya ngelirik ke tempat lain, mata mereka mata seperti mata elang! Tapi banyak juga loh orang yg gw gatau emang lagi sial atau bodoh yang enggak menutup tas nya dengan sempurna sehingga tanpa harus melakukan sentuhan/meraba-raba lagi si pencopet udah bisa tau dimana letak barang-barangnya karen dia hanya perlu melirik. Jadi yang namanya pencopet tuh pasti suka ngelirik-lirik gaje gitu dehhh, ngeliriknya biasanya ke arah tas orang gituuuu.

4. Menggunakan bahasa yang tidak dimengerti.
Kalau ciri-ciri yang satu ini sepertinya masih kurang akurat sihh. Tapi gw udah 2 kali ngeliat pencopet itu teleponan di angkot trus ngomongnya pake bahasa aneh gituuu. Kayanya sih bahasa daerah sumatra kalau perkiraan gw. Tapi yang jelas bukan bahasa padang, jawa, batak, banjar ataupun bahasa-bahasa dari indonesia timur gituu. Karena gw udah pernah mendengar langsung bagaimana bahasa-bahasa yang gw sebutkan tadi, nah kalo si pencopet ini gw ga pernah dengar sama sekaliii, logat-logat nya pun gw ga pernah dengar. Cuma ada 2 kemungkinan dia menggunakan bahasa tersebut, pertama karena emang lagi teleponan dengan orang di kampungnya, dan yang kedua untuk menarik perhatian. Karena jujur aja waktu dia teleponan semua orang di angkot jadi ngeliatin dia gitu, nah mungkin pada saat perhatian orang-orang sedang teralihkan itu lahh temen pencopetnya beraksiii.


TRIK-TRIK MENCOPET

1. Trik kasual.
Ini cara paling standar yaitu dengan sentuhan dan lirikan. Cara ini santai dan dilakukan secara perlahan.
Tips menghadapi trik ini adalah dengan duduk yang tegak dan lurus menghadap ke depan (jangan duduk menyamping kiri ataupun kanan ala-ala wanita kemayu. Singkirkan semua itu kalo mau harta benda kalian selamat) lalu sandarkan punggung kalian dan kepala kalian jangan mnghadap ke arah lain selain ke arah tas kln. Karena dengan bgtu pncpt akan tau bahwa kln mmprhtkn tas kln. Tapi ketika menatap tas kalian jangan sampai bengong sendiri ya, tunjukkan bahwa kalian dalam kondisi waspada. Dan pokonya pastikan kepala kalian tidak lebih maju daripada letak tas kalian, soalnya kalau gitu tas kalian akan berada di zona buta mata kalian. Yang terakhir adalah jangan memeluk tas kalian dengan tangan kalian, dan merasa tas kalian aman dan anti-copet. Itu hal terbodoh menurut gw, karena sesungguhnya dengan memeluk masih banyak celah kosong yang bisa dilalui oleh tangan lihai si pencopet. Mohon diingat juga bahwa pencopet ga selamanya mengambil barang kalian lewat lubang tas kalian, mereka bisa saja menggunakan benda tajam seperti silet untuk menyilet tas kalian.

2. Trik muntah.
Ini gw dapat dari adek gw yang pernah menyaksikan trik ini di angkot yang dia naiki. Trik ini biasanya dilakukan oleh 2 org pencopet. Salah satu pencopet akan pura-pura mau muntah, lalu pncpt lain akan menjauh karena jijik dan mendekati si korban lalu meminta tisu, nah ketika si krbn membuka tas utk mengambil tisu lah si pencopet bisa tau isi tas si korban.
Tips mnghdpi trik ini adalah mengatakan bahwa tidak punya tisu dan segrea turun dari angkot tersebut. There is no better way. Karena mostly pencopet menggunakan trik ini ketika keadaan angkot sedang sepi, yang berarti si korban ini adlh satu-satunya target. Dan usahakan untuk turun di tempat yangg ramai jangan di tempat yang sepi karena ga lucu kan kalo si pencopet ikutan turun ngikutin kaliann.

3. Trik kepanasan.
Trik ini paling sering gw saksikan dan trik ini pula yg terjadi pada kasus hp ade sosro. Trik terbagi dua jenis nihhh,
  • Trip kepanasan korban yang buka jendela
Trik ini dipakai kalau si korban duduk dekat jendela. Jd pencopet akan berakting kepanasan lalu menyuruh si korban untuk membuka jendela, ketika korban membuka jendela lah si copet akan beraksi. Krn ktk membuka jendela otomatis si korban akan menolehkan kepalanya dan tidak memperhatikan tasnya. Mungkin kalian akan mikir ah masa sih noleh bentar doang udah bisa kecopetan, eitssss hati-hati ajaa si pencopet biasanya ga Cuma minta sekali aja buat buka jendelanya, dia bisa minta dua sampai tiga kali. Dan kalian yang kebetulan lagi nurut-nurut aja akhirnya kecopetan dehhh.
  • Trip kepanasan pencopet yang buka jendela
Nah kalo ini bedanya yg buka jendela nya adlh si pencopet. Trik ini paling gampang ketebak dan paling aneh, karena biasanya jendelanya sudah terbuka. Biasanya dialog yang tejadi di dalam angkot seperti ini.

Pencopet   : "duh panas! buka jendelanya dong, bu"
Korban     : "hah? udh kebuka kok."
Pencopet   : "Belum itu belum"

Tepat setelah berkata seperti itu pencopet biasanya akan menutup jendela dengan salah satu tangannya dan tangannya yg lain akan beraksi. Karena biasanya ketika si pencopet menutup jendela yang berada di samping atau belakang kita maka mata kita akan ikut melihat ke arah jendela sehingga tas kita berada di zona buta. Kedengarannya impposible mungkin tapi ntar kalau di angkot kalian ada orang yang bertingkah seperti ini baru dehh kalian akan mengertiii.
Tips menghadapi trik ini sebenarnya sama aja seperti tips menghadapi trik kasual pokonya mata kalian harus tetap memperhatikan tas kalian. Ohiya tapi trik ini fleksibel loh, si pencopet bisa aja nyuruh kalian buat nutup jendelanya. Si pencopet bakal lihat keadaan, ya kalau jendelanya kebuka berarti dia nyuruh kalian buat nutup, tapi kalau jendelanya ketutup ya dia minta buat buka. Intinya si pencopet akan buat kalian mengalihkan pandangan kalian. Jadi kalau si pencopet nyuruh kalian buat buka jendelanya bilang aja kalau kalian lagi masuk angin ga boleh kena angin trus kalau dia nyuruh kalian buat nutup jendelanya bilang aja kalian kepanasan. Dan ngomongnya dengan suara yang tegas yaaa, kalau bisa sampai semua orang di angkot noleh dehh.

4. Trik menjatuhkan
Gw tau trik ini karena waktus smp dulu gw hampir kecopetan dengan trik ini!! Ini mirip-mirip trik kepanasan, biasanya dipakai ketika si pencopet sudah mengetahui letak barang yang akan dicopet,  ambil contoh gw waktu itu, hp gw yang gw taro di saku baju. Lalu si pencopet akan menjatuhkan sesuatu (biasanya uang, baik koin maupun kertas yang 2ribuan) dan akan meminta anda untuk mengambilnya seolah-olah yang jatuh itu adalah barang kalian, lalu ketika kalian menunduk untuk mengambil barang yang jatuh tersebut si pencopet akan segera mengambil hp dari saku baju tersebut.
Tips menghadapi trik ini adalah kalau kalian ga yakin yg jatuh itu beneran barang kalian atau bukan maka ketika akan menunduk pastikan anda memegang hp klian dengan salah satu tangan kalian. Tapi kalau memang kalian yakin bhw yang jatuh bukan barang kalian segera katakan bahwa itu bukan barang kalian.

Nahhh begitulah info-info yang bisa gw berikan kepada kaliannn. Semoga bermanfaat dan fyi gw galau berat nih waktu mau ngepublish, takutnya postingan ini malah dimanfaatkan orang lain malah untuk nyopet, semoga aja enggak yaa. Ohiya berdasarkan hasil nanya sana nanya sini ke temen-temen gw, gw menyimpulkan kalau di bogor angkot yang sering ada copetnya itu ialah 03, 08, 12, 16 dan 32. Mari kita doakan agar para pencopet segera sadar bahwa yang dilakukan adalah dosa. Semoga kalian semakin waspada setelah membaca post ini.

P.s: Semua yang gw tulis disini hanya berdasarkan pengalaman gw dan orang-orang di sekitar gw, kalau ada salah-salah kata, kritik, saran, atau kalian punya pengalaman kecopetan mungkinn? Feel free to correct me or tell me (but don't hate me yaa), just leave the comment below!!



salam anti-copet.